Latest News

Memindahkan Pohon Besar Supaya Tidak Mati

Salam Tani !! Menanam tumbuhan buah atau tumbuhan hias yang dapat tumbuh besar sebaiknya mulai dari tumbuhan masih kecil. Hal ini bertujuan biar tumbuhan mendapat pertumbuhan yang baik dan mempunyai perakaran yang kuar. Selain itu tajuk tumbuhan akan tumbuh manis alasannya ialah percabangan kita bentuk dari awal. Dan karenanya ketika tumbuhan tersebut dapat berbuah kita akan mendapat kepuasan tersendiri.

Tetapi banyak diantara kita yang ingin memindahkan suatu tumbuhan buah atau tanman lain ketika tumbuhan tersebut sudah tumbuh besar. Mungkin alasannya ialah terjadi perubahan perencanaan tata letak rumah atau mungkin alasannya ialah kita ingin mengganti tumbuhan yang usang dengan yang baru. Hal ini juga biasa dilakukan oleh para penjual bibit durian, klengkeng, dan buah-buah lainnya. Selain itu tukang taman juga biasa menjual tumbuhan besar kepada konsumen sehingga mau tidak mau harus memindahkan tumbuhan besar yang sudah tumbuh subur ke lokasi baru.

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan ketika kita akan memindahkan tumbuhan buah yang sudah besar biar tidak mati ke lokasi yang baru. Bukan hanya sekedar menggali, mencabut kemudian memindahkan dan menanam kembali.

Berikut urutan tata laksana pemindahan tumbuhan besar biar tidak mati :
  1. Pastikan kondisi tanah disekitar perakaran cukup basah. Jika terlalu kering silahkan disiram dulu.
  2. Gali melingkar sedalam perakaran pohon tersebut dengan diameter sekitar 1 meter kalau tumbuhan benar-benar besar. Jika masih agak kecil dapat menyesuikan. Biarkan akar tunggangnya tetap menancap ke dalam tanah 
  3. Beri santunan penopang dengan bambu biar tanaman/ pohon tersebut tidak roboh
  4. Bungkus perakaran yang tersisa dengan karung biar tanah tidak rontok.
  5. Biarkan tumbuhan dengan kondisi tersebut selama satu bulan, biar tumbuhan terbiasa dengan kondisi stress.
  6. Setelah satu bulan gres potong akar tunggangnya, yang biasanya berukuran lebih besar dan menancap lurus kebawah.
  7. Pindahkan kelokasi gres yang akan kita gunakan untuk menanam pohon tersebut.
  8. Jangan lupa sebelum kita memindahkan pohon tersebut sebaiknya kita telah menciptakan lobang tanam yang telah diberi pupuk sangkar atau kompos.
  9. Setelah tumbuhan tertanam lagi sebaiknya diberi penopang dengan bambu atau kayu biar tidak roboh.

Informasi tersebut saya peroleh dari sobat saya yang biasa menjual bibit durian didaerah  kemranjen kabupaten Banyumas. Untuk memindahkan tumbuhan tersebut sebaiknya cari waktu yang sempurna yaitu dikala awal ekspresi dominan hujan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi setres tumbuhan alasannya ialah keringnya ekspresi dominan kemarau.



Demikian cara memindahkan tumbuhan atau pohon yang sudah besar ke lokasi yang baru, semoga goresan pena ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di  akherat.

Sukses Pertanian Indonesia !!




                 Maspary

0 Response to "Memindahkan Pohon Besar Supaya Tidak Mati"