Latest News

Rahasia Keberhasilan Spray Massal Wereng

Salam Tani......
Hama wereng coklat ialah jenis hama yang menjadi momok bagi petani padi. Serangannya benar-benar dapat menciptakan petani merugi bahkan gagal panen atau puso. Petani sangat kualahan dalam pengendaliannya. Walaupun petani harus menyemprot hama tersebut setiap ahad sekali tetapi belum juga dapat memperlihatkan jaminan kepastian hasil.

Jika serangan hama wereng sudah nenyeluruh dalam suatu hamparan, mau tidak mau petani harus melaksanakan penyemprotan bantu-membantu dalam satu hamparan tersebut. Penyemprotan bantu-membantu tersebut dinamakan spray massal. Ada rahasia cara spray massal semoga mendapat keberhasilan pengendalian. Tidak ada jaminan spray massal akan mendapat hasil yang memuaskan kalau tehnik yang dipakai sembarangan atau asal-asalan. Banyak bukti yang telah dialami oleh petani padi, walaupun sudah dilakukan gerakan pengendalian hama wereng dengan cara spray massal namun jadinya belum memuaskan.

Dasar dari diam-diam keberhasilan spray massal tersebut ialah kita harus memahami cara hidup wereng coklat. Dengan memahami cara menyerang hama wereng tentu kita dapat mengendalikannya. (kaya mau perang aja ya ? ).

Inilah diam-diam keberhasilan spray massal hama wereng :
  1. Harus dilakukan bantu-membantu jangan sendiri-sendiri
  2. Pilih pestisida yang sempurna sasaran
  3. Dosis dan konsentrasi harus tepat.
  4. Pengoplosan pestisida sebaiknya dilakukan didalam drum dan diaduk rata, bukan di tangki sprayer masing-masing petani.
  5. Pastikan semua tangki sprayer dalam keadaan normal/ baik
  6. Pastikan hasil semprotan (posisi nozel) dalam posisi mengabut
  7. Lakukan dari saru arah, boleh dari timur, barat, utara atau selatan
  8. Usahakan para penyemprot berbaris dengan jarak sekitar 2 meter
  9. Lakukan penyemprotan bantu-membantu dalam satu arah
  10. Penyemprotan diarahkan pada batang dan pangkal batang padi, jangan dipermukaan. (Semprot dari bawah jangan dari atas).
  11. Penyemprotan dilakukan maksimal hingga jam 10. Boleh diteruskan sore sehabis jam 4.
  12. Jika hari itu belum simpulan harus diteruskan besoknya lagi. Demikian seterusnya hingga simpulan satu hamparan
  13. Jika dilakukan pengamatan sehabis 3 hari aplikasi dan masih ditemukan populasi hama wereng coklat  diatas batas kendali, maka boleh dilakukan spray massal sekali lagi.

 Inilah gambar tehnik berbaris spray massal 

Tehnik pengoplosan larutan pestisida dalam drum

Kenapa sangat penting dilakukan pengendalian hama wereng dengan tehnik spray massal ?? Karena hama tersebut sangat gampang berpindah dari satu petak sawah ke petak sawah  yang lain. Oleh alasannya ialah itu dibutuhkan pengendalian secara bersama, menyeluruh dan tuntas.

Demikian tips rahasia keberhasilan spray massal hama wereng, smoga dapat bermanfaat bagi kita semua didunia dan akherat. Dan semoga dapat mempunyai kegunaan bagi rekan-rekan petani padi yang sedang mengalami peristiwa alam serangan hama wereng.

         Sukses  Petani Indonesia !!



                 Maspary

0 Response to "Rahasia Keberhasilan Spray Massal Wereng"