Latest News

Membuat Perangkap Hama Tanaman Padi

Salam Tani....!!

Semoga para petani Indonesia selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Alloh SWT. Semoga para petani Indonesia selalu diberi semangat dan tidak mengenal patah arang supaya dapat selalu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Aamiiinn.....

Kali ini maspary akan mnulis artikel cara menciptakan perangkap hama untuk flora padi. Ini rupakan tindakan preventif atau pencegahan sebelum hama menyerang flora kita. Tindakan preventif termasuk juga tehnik pengendalian hama dan ini merupakan pengendalian yang utama alasannya yaitu selain ekonomis biaya dan tenaga juga mencegah terjadinya kerusakan tanaman.

Seperti kita ketahui bahwa hama flora padi sangatlah komplek atau bervariasi, mulai dari wereng, penggrek batang (sundep, beluk), hama pelipat daun, putih palsu, ganjur, ulat grayak dan lain sebagainya. Hama-hama tersebut mempunyai cara hidup yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dan sebaiknya kita mempelajari cara hidup banyak sekali hama tersebut, supaya kita dapat mengendalikan hama-hama flora padi tersebut.

Alat perangkap yang akan kita buat ini yaitu alat untuk menjebak imago atau vase sampaumur (kupu-kupu) dari serangga hama flora padi. Pada dasarnya serangga sampaumur akan tertarik dengan basi yang basi dan menyengat. Mereka akan mencari sumber basi tersebut. Itulah konsep dasar cara kerja perangkap hama flora padi.

Alat dan Bahan :
  1. 2 buah botol air mineral yang kemasan 1,5 liter
  2. Gunting atau pisau
  3. Ajir dari bambu atau kayu
  4. Keong atau kepiting sawah
  5. Tali rafia
Cara menciptakan :
  1. Potong pangkal botol air mineral tersebut
  2. Potong juga ujung botol tapi jangan terlalu keatas, sehingga diperoleh dua buah tabung dari botol air mineral tersebut
  3. Sambungkan kedua tabung botol air mineral tersebut, dengan cara memasukkan salah satu tabung ke tabung yang lain.
  4. Masukkan keong atau kepiting sawah yang sudah dicincang atau diremuk ke dalam alat perangkap tersebut.
  5. Masukkan kembali pecahan ujung botol dengan posisi terbalik
  6. Ikat alat perangkap hama flora padi tersebut pada sebuah ajir
  7. Tancapkan ajir di petakan sawah. Tinggi ajir sebaiknya sekitar 150 cm dan ditancapkan sedalam 30 cm
  8. Dalam satu petakan sawah pasang lebih dari satu alat perangkap... pasang sekeliling petakan tersebut dengan jarak sekitar 5 m satu alat. Sehingga dikala ada imago hama padi yang mendekat mau meletakkan telor akan tertarik mendekati perangkap tersebut dan masuk kedalamnya.


Begitulah cara menciptakan alat perangkap hama flora padi. Praktis dan mudah serta murah alasannya yaitu hanya memakai bahan-bahan limbah.  Rangkaian alat tersebut tidaklah baku, boleh dimodifikasi sesuai dengan ketersediaan materi dan kreatifitas para petani. Semoga artikel cara menciptakan perangkap hama flora padi tersebut dapat bermanfaat dunia akherat untuk para pembaca dan penulis . Jangan lupa kalau sudah menciptakan alat tersebut dan bermanfaat bagi anda, beritahu sobat rekan-rekan petani yang lain cara membuatnya.



Sukses Petani Indonesia  !!!

0 Response to "Membuat Perangkap Hama Tanaman Padi"