Latest News

Dosis Pupuk Untuk Kocor Cabe

Salam Tani !! Sebenarnya tidak ada standar baku untuk dosis kocor untuk flora cabe. Karena takaran pupuk untuk flora cabai bergotong-royong tergantung dari kondisi tanah (jenis tanah, kandungan materi organik, kandungan NPK tanah) dan bagaimana penggunaan pupuk dasar.
Beberapa waktu kemudian ada rekan Gerbang Pertanian yang SMS ke HP maspary menanyakan perihal berapa takaran yang sempurna untuk kocoran NPK mutiara 16:16:16 untuk flora cabe.


Pertanyaan :
Berapa takaran yang paling sempurna pupuk NPK 16:16:16 untuk kocoran cabe  maspary ?


Jawab :
Jawaban ini hanyalah dari hasil pengalaman maspary semata bukan hasil uji laboratorium atau hasil penelitian. Dosis ini yaitu takaran minimal yang maspary lakukan pada beberapa flora cabai maspary baik flora cabai besar dan cabai rawit. Untuk meyakinkan bahwa pupuk yang terserap oleh flora cabai hanya berasal dari pemupukan tersebut maka uji coba ini maspary lakukan pada polybag ukuran diameter 20 cm (ukuran yang relatif kecil untuk tanam cabai dalam polybag)

Untuk mensuplay kebutuhan flora cabai maspary gunakan takaran 1 gr/ ahad NPK mutiara 16:16:16. Pemberian pupuk tersebut maspary berikan dengan cara dikocorkan seminggu sekali. caranya sangat mudah, kita tinggal menimbang pupuk sesuai dengan jumlah flora kita. kebetulan uji coba maspary hanyalah 10 batang cabai besar dan kecil, maka setiap satu ahad satu kali maspary menimbang pupuk NPK Mutiara 16:16:16 sebanyak 10 gram. Lalu maspary larutkan pupuk tersebut dengan 10 gelas aqua. Aduk-aduk sampai benar-benar larut. Setelah larut kocorkan atau siramkan setiap satu gelas aqua pada satu tanaman.

Pengocoran tersebut maspary lakukan sudah sekitar 6 bu7lan yang lalu, dan jadinya sangat bagus. Tanaman cabai maspary belum mengatakan gejala kekurangan nutrisi atau unsur hara. Tanaman cabai baik yang besar maupun yang kecil masih dapat tumbuh sehat dan berbuah lebat. Bahkan ujung-ujung flora juga masih banyak tumbuh kuncup bunga.

 Sebenarnya tidak ada standar baku untuk  DOSIS PUPUK UNTUK KOCOR CABE

Gambar : flora cabai maspary yang tumbuh subur dan berbuah lebat pada uji coba pengocoran

Petanitersia - Selamat tiba di situs Petanitersia, situa ini merupakan situs yang menyediakan banyak sekali macam warta seputar pertanian, perkebunan dan sebagainya.

Sebenarnya pengocoran tersebut tidak harus dilakukan setiap minggu, jikalau dirasa repot boleh juga dilakukan dua ahad sekali. Hanya saja konsentrasinya tentunya dibentuk dua kali lipat menjadi 2 gram/ gelas aqua air/ tanaman/ 2 minggu.

Semoga artikel perihal dosis yang sempurna penggunaan NPK mutiara 16:16:16 untuk mengocor cabe tersebut dapat bermanfaat bagi rekan-rekan Gerbang Pertanian semua.


Sukses Petani Indonesia

Petanitersia - Selamat tiba di situs Petanitersia, situa ini merupakan situs yang menyediakan banyak sekali macam warta seputar pertanian, perkebunan dan sebagainya.


       maspary

0 Response to "Dosis Pupuk Untuk Kocor Cabe"