Latest News

Cara Tradisional Mengatasi Penyakit Ikan

Salam Tani !!!   Beberapa hari yang kemudian maspary bertemu dengan petani ikan (pengusaha kolam ikan) yang berasal dari pabuaran. Karena usang nggak bertemu tentunya kita asyik ngobrol segala hal, termasuk berdiskusi problem ilmu pertanian, pertenakan dan perikanan. Beliau banyak tanya problem ilmu pertanian sedangkan aku banyak tanya problem ilmu perikanan.

Ada satu ilmu yang asing problem perikanan yang aku sanggup ketika itu yaitu cara tradisional mengatasi penyakit pada ikan (sesuai judul artikel ini). Ilmu tersebut, berdasarkan ia sudah diterapkan sangat usang dan ampuh untuk banyak sekali ikan air tawar diantaranya lele, bawal, tawes, patin, nila, melem dan terutama gurami. Dan yang menarik, katanya resep ini lebih ampuh dibanding obat yang dibeli ditoko perikanan.

Menurut ia ada musim-musim tertentu yang ikan sangat gampang sekali (rentan) terjangkit penyakit. Tetapi dengan resep tradisional untuk mengatasi penyakit ikan tersebut ikan-ikan di kolam ia selalu sehat walau sedang animo wabah penyakit. Makanya banyak petani ikan didaerah tersebut yang heran dan bertanya kepada beliau.



Sebenarnya obat tradisional tersebut sangatlah gampang dan murah. Yaitu dengan cara mencari atap seng yang sudah karatan kemudian kita taruh dijalan air masuk supaya setiap air yang masuk kekolam akan mengenai seng yang sudah karatan tersebut. Cuma sayang maspary belum sempat memfoto teknologi tersebut. Maspary sendiri nggak tahu hubungannya apa antara seng atap yang karatan tersebut dengan ikan. Mungkin juga zat kimia yang terkandung dikarat tersebut yang akan terkikis oleh air kemudian terlarut selanjutnya akan membunuh jamur dan basil yang menjadikan penyakit ikan tersebut. Atau juga zat pada karat yang sudah terlarut diair tersebut memperlihatkan pengaruh antibody pada ikan. Mungkin hal ini sanggup menjadi materi yang menarik untuk para dosen atau mahasiswa untuk dijadikan materi penelitian semoga sanggup terjawab misteri ini.




Bagi petani pada dasarnya ialah manfaatnya, daripada nggak ada solusi sama sekali tidak ada salahnya jikalau cara mengatasi penyakit ikan tersebut dicoba. Oleh alasannya ialah itu bagi pembaca yang percaya dengan hal tersebut silahkan dicoba saja. Apalagi kini obat penyakit ikan yang dijual ditoko juga nggak murah harganya. Dengan materi yang sangat murah bahkan sanggup dikatakan tidak berharga sama sekali akan berkembang menjadi bermanfaat.

Mudah-mudahan artikel singkat ini sanggup bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi petani ikan. Serta sanggup bermanfaat bagi penulis. Aamiiin....




Sukses Petani Indonesia !!


       

            Maspary


0 Response to "Cara Tradisional Mengatasi Penyakit Ikan"