Latest News

Buku Panduan Bertani Anti Gagal




Salam Tani!   Sudah usang maspary berkeinginan menciptakan sebuah buku panduan bertani yang fundamental namun lengkap isinya. Karena hingga kini ini kayaknya belum ada buku yang memuat wacana dasar-dasar budidaya tumbuhan secara lengkap. Biasanya penulis hanya mengulas faktor-faktor usaha tani secara sepotong-sepotong, mirip wacana tanah saja, wacana bibit atau benih saja, wacana pupuk saja, wacana hama penyakit dan gulma tumbuhan saja, dll.

Hal semacam itu akan menciptakan petani beranggapan bahwa faktor-faktor usaha tani tersebut berjalan secara terpisah. Padahal sebetulnya tidaklah demikian, untuk mencapai keberhasilan maka semua faktor usaha tani tersebut seharusnya berjalan bersama dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Yah saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Oleh lantaran itu semenjak dua tahun yang kemudian maspary mencoba menyusun sebuah buku yang mengulas kiprah dari faktor-faktor usaha tani tersebut, serta bagaimana kaitannya satu dengan yang lainnya. Buku dengan judul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut saya susun selengkap-lengkapnya.

Maspary hanya bisa mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan SWT dengan terselesaikannya buku perdana yang berjudul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTIGAGAL” ini. Walaupun memakan waktu yang tidak mengecewakan lama, hasilnya usaha maspary bisa selesai juga. Ternyata memang tidak gampang menulis sebuah buku. Begitu lamanya penyusunan buku ini lantaran maspary berharap supaya para pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap wacana usaha tani. Hampir semua permasalah petani akan terkait dengan isi dalam buku ini.



 


Buku yang maspary susun tersebut merupakan hasil kumpulan informasi yang maspary peroleh selama lebih dari 15 tahun (dari tahun 2000-2015). Selama maspary bergelut dalam dunia pertanian. Buku ini kami susun menurut ilmu yang kami peroleh dari hasil berguru di perguruan tinggi tinggi, hasil-hasil penelitian, hasil-hasil pelatihan, hasil-hasil study banding dan informasi pertanian lain, yang kami padukan dengan aneka macam pengalaman kami dilapang selama menjadi field staff pada perusahaan benih, pestisida dan pupuk serta pengalaman maspary sebagai penyuluh pertanian.

Dengan buku tersebut maspary berharap anda bisa mendapatkan informasi yang tidak sepotong-sepotong, tetapi merupakan informasi yang lengkap wacana ilmu pertanian. Sehingga anda akan lebih gampang memahami konsep BERTANI ANTI GAGAL secara utuh. Maspary mencoba menuliskannya dengan bahasa yang sederhana dan gampang dipahami serta disusun secara sistematis.

Budidaya tumbuhan apapun yang sedang anda tekuni dikala ini saya pastikan anda akan terbantu dengan membaca buku ini. Bagi anda yang sedang membudidayakan tumbuhan padi, jagung, kedelai, singkong, ketela rambat, kacang panjang, kacang tanah, cabai, tomat, terong, timun, pisang, pepaya, durian, mangga, kelengkeng, nangka, anggur, semangka, melon dll, baik sekala kebun maupun dalam pot atau polibag di pekarangan sebaiknya membaca buku ini dulu. 

Buku ini kami susun untuk anda:
  1. Petani pemula yang ingin berguru banyak wacana pertanian
  2. Petani yang udah usang bertani tapi masih sering gagal 
  3. Petani yang ingin lebih meningkatkan hasil tanamanya 
  4. Para penyuluh pertanian (PNS, THL-TBPP, Babinsa dan swadaya) yang ingin pemanis materi penyuluhan sehingga lebih mantab dalam mendampingi petani.
  5. Pemilik kios pertanian yang ingin ikut membina petani pelanggannya dan ingin mengetahui wacana benih, pupuk dan pestisida lebih banyak. 
  6. Para petugas lapang (formulator, field staff, agronomist dan apapun namanya) dari produsen benih, pupuk dan pestisida yang membutuhkan informasi wacana teknis-teknis pertanian praktis .
  7. Semua pihak yang ingin memahami ilmu pertanian secara sistematis dan lengkap







Cover Depan : BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL







Cover Belakang : BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL
 


Mungkin ada yang penasaran, sebetulnya apa saja yang maspary tulis sehingga membutuhkan waktu yang begitu lama. Agar tidak mirip membeli kucing dalam karung, berikut aneka macam ilmu pertanian yang maspary tulis dalam “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” :





Berkaitan dengan Tanah

1
Tanah merupakan fondasi atau modal dasar keberhasilan usaha tani. Jika tanah kita tidak subur kita perlu memperbaikinya supaya tumbuhan bisa berproduksi maksimal. Dalam buku ini maspary mengulas wacana tehnik mengolah dan menyuburkan aneka macam jenis tanah sehingga cocok untuk pertumbuhan tanaman.
2
Kami juga memperkenalkan aneka macam jenis mikroorganisme tanah dan fungsinya yang sangat dibutuhkan dalam usaha tani.
3
Daftar 23 jenis tumbuhan dan pH tanah yang dibutuhkan supaya bisa tumbuh maksimal
4
pH tanah sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan maka kami tuliskan cara mengukur pH tanah dengan cara yang sangat gampang dan murah.
5
Memahami sifat-sifat tanah (kimia tanah, fisika tanah dan biologi tanah), fungsi tanah, kandungan tanah, tekstur tanah dan struktur tanah (ekologi tanah).
6
Daftar lengkap unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan dan fungsinya bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
7
Tehnik menentukan lahan/ tanah untuk usaha tani supaya berhasil
8
Tehnik pengolahan tanah sesuai dengan jenis tanah dan jenis tumbuhan yang akan dibudidayakan
9
Tekstur tanah juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan maka kami tuliskan cara sederhana menguji tekstur tanah dengan materi yang sangat murah.
10
Agar kita mengetahui kemampuan tanah kita menyimpan air maka kita tuliskan cara gampang menguji kemampuan tanah mengikat air
11
Udara tanah (aerasi tanah) juga sangat penting bagi tanaman, oleh lantaran itu kita bahas apa itu udara tanah dan bagaimana cara mengujinya dengan mudah.
12
Untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah kita, maspary telah menuliskan cara menciptakan alat uji kesuburan tanah sendiri dengan gampang (alat ini merupakan ilmu warisan dari STPP Magelang)

Berkaitan dengan Pupuk

13
Dalam buku ini juga dibahas bagaimana tehnik menghemat pupuk kimia pada usaha tani.
14
Pemberian pupuk harus disesuaiakan dengan umur dan jenis tanaman. Oleh lantaran itu dibutuhkan pengetahuan wacana tehnik aplikasi pupuk menurut umur dan jenis tumbuhan supaya pupuk yang diberikan bisa lebih efektif dan efisien.
15
Cara menciptakan starter kompos dari batang pisang klutuk (merupakan ilmu  dari bapak Timbul Joglo Tani)
16
Kompos yaitu senjata petani untuk menyuburkan tanah. Ada dua macam cara pembuatan kompos yaitu aerob dan anaerob, maspary telah membahas keduanya dan bagaimana cara menciptakan kompos metode aerob maupun anaerob.
17
Sebagai modal dalam pembuatan pupuk organik, maka kami sampaikan kandungan N P K dari 87 jenis materi organik yang bisa dipakai sebagai acuan
18
Untuk bisa menghasilkan tumbuhan yang produktif, sehat dan berumur panjang maka kita harus mengenal seluk beluk dilema pupuk dan pemupukan. Maspary telah mengulas secara detail wacana hal tersebut.
19
Maspary juga menulis cara menciptakan pupuk hayati penambat nitrogen dan penyedia unsur pospat dan kalium secara sederhana dan mudah, sehingga petani benar-benar bisa menghemat penggunaan pupuk.
20
Horman tumbuhan juga bisa dicukupi oleh mikroorganisme tanah, maka maspary menuliskan bagaimana cara menciptakan pupuk hayati penyuplai hormon tumbuhan sehingga tumbuhan kita akan tumbuh lebih subur.
21
Walaupun pupuk yang kita berikan sudah lebih dari cukup tapi kalau salah dalam aplikasinya maka tumbuhan tidak bisa menyerapnya secara maksimal. Maka dalam buku ini maspary mengulas tehnik cara-cara pemupukan yang benar
22
Hati-hati kini banyak sekali beredar di kios-kios pertanian pupuk organik yang jeleh kualitasnya. Oleh lantaran itu supaya kita tidak gampang tertipu maspary tuliskan bagaimana cara mengetahui ciri-ciri pupuk organik yang cantik dan layak dipakai untuk bertani. Hal ini juga bermanfaat untuk melihat sejauh mana kualitas pupuk organik buatan kita sendiri.
23
Seringkali dalam kemasan pestisida dan pupuk tidak tercantum lengkap berapa takaran yang harus digunakan. Petani sering resah menentukan jumlah takaran pestisida atau pupuk yang akan digunakan. Oleh lantaran itu maspary mengulas bagaimana cara menghitung kebutuhan takaran dan konsentrasi pupuk dan pestisida. Maspary juga melengkapi bagaimana cara melaksanakan kalibrasi untuk menghitung kebutuhan pestisida dan pupuk pada suatu lahan pertanaman.
24
Jamur Trichoderma sp yaitu pupuk dan fungisida biologis yang sangat bermanfaat bagi petani. Maka maspary mengulasnya secara detail termasuk bagaimana cara mengembangkan jamur Trichodema sp (Trichoderma merupakan best seller produk Gerbang Pertanian)
25
Kalau ingin menciptakan basil yang bisa menyuburkan tumbuhan dengan gampang maka silahkan baca buku ini, lantaran didalamnya maspary telah mengulas bagaimana cara menciptakan PGPR (pupuk hayati pemacu tumbuh dan pencegah layu tanaman). PGPR juga merupakan produk laku manis di Gerbang Pertanian.
26
Cara menciptakan organic biofertilizer padat. Pupuk ini biasa dijual dikios-kios pertanian. Setelah membaca buku ini anda nggak usah beli lagi.
27
Selain yang padat organic biofertilizer juga ada yang cair. Maspary juga mengulas bagaimana cara menciptakan organic biofertilizer cair. Kalau di toko-toko pertanian pupuk ini biasa disebut dengan POC (pupuk organik cair).
28
MOL atau mikroorganisme lokal merupakan pupuk dan stater kompos yang sangat gampang dibentuk oleh petani. Dalam buku ini Maspary telah mengulas cara menciptakan 8 jenis MOL unggulan. Selain itu juga dibahas wacana dasar-dasar pembuatan MOL dan mengapa petani sering gagal menciptakan MOL, apa sebetulnya penyebabnya ?
29
Cara menciptakan nutrisi organik tanaman. Anda niscaya akan terkejut ternyata dengan cara yang sangat gampang dan sederhana kita ternyata bisa menciptakan nutrisi tumbuhan sendiri. Seperti pupuk cair yang dijual dikios-kios pertanian, nutrisi ini kita semprotkan ke daun dan batang tumbuhan dengan konsentrasi yang rendah (hanya 1-5 cc/ liter) saja. Dalam pembuatan nutrisi ini kita bisa mengatur kandungan unsur N, P dan K nya
30
Pupuk kimia bersubsidi (urea, ponska SP36, Pelangi dll) semakin mahal dan terkadang sulit dicari. Oleh lantaran itu dalam buku ini maspary mengulas bagaimana cara menciptakan pupuk organik cair penghemat pupuk kimia. Ini merupakan ilmu hasil penelitian salah satu dosen saya di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
31
Dikios pertanian banyak dijual aneka macam booster padi yang harganya biasanya cukup mahal dan bukan organik. Kita bisa menghemat biaya produksi dengan cara menciptakan booster padi organik sendiri dengan gampang sehabis membaca buku ini.

Berkaitan dengan Hormon/ ZPT

32
Hormon atau ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) tumbuhan sangat penting diketahui oleh petani. Oleh lantaran itu dalam buku ini maspary mengulas aneka macam macam jenis hormon atau Zat Pengatur Tumbuh tanaman. Seperti fungsi hormon, cara kerja hormon dan ketersediaannya dalam pecahan tanaman.
33
Maspary tuliskan cara menciptakan hormon (ZPT) tumbuhan dari bahan-bahan nabati. Maspary juga menuliskan aneka macam jenis materi nabati yang mengandung hormon tumbuhan supaya pembaca gampang memilihnya untuk diambil hormonnya.
34
Ternyata menkombinasi hormon tumbuhan dilarang sembarangan. Oleh lantaran itu maspary juga mengulas wacana teknis mengkombinasi aneka macam jenis hormon (ZPT) tumbuhan supaya bisa memberi dampak pertumbuhan yang maksimal.
35
Yang tidak kalah penting yaitu maspary juga mengulas bagaimana cara pemberian hormon yang sempurna pada tanaman. Karena kesalahan pemberian hormon atau ZPT justru akan merusak tanaman.

Bekaitan dengan Iklim/ Cuaca

36
Setiap tumbuhan memerlukan kondisi iklim tertentu untuk memaksimalkan produksi. Dalam buku ini maspary mengulas wacana korelasi iklim dengan tumbuhan terutama bagaimana tehnik menentukan jenis tumbuhan yang sempurna sesuai dengan ketinggian tempatnya. Selain itu juga dibahas wacana korelasi iklim dengan kesuburan tanah.
37
Buku ini juga berisi cara membaca dan mengelola iklim/ cuaca secara benar. Hal ini sangat dibutuhkan petani untuk bisa mengindari resiko kegagalan.
38
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalkan serangan hama penyakit maka dalam bertani perlu menentukan waktu tanam yang tepat. Oleh lantaran itu kita ulas bagaimana cara menentukan waktu tanam yang sempurna dalam buku ini supaya petani memperoleh fasilitas dalam bertani.

Berhubungan dengan Tanaman

39
Bibit atau benih merupakan modal dasar bertani. Maka maspary ulas bagaimana teknis menguji/ menentukan bibit yang berkualitas
40
Dalam buku ini juga dibahas bagaimana cara mendiaknosa tanda-tanda kekurangan unsur hara pada tanaman
41
Tanaman mempunyai struktur badan tersendiri, maka kita perlu mengenal bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya supaya bisa memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara benar.
42
Selain itu juga dibahas bagaimana cara memperlakukan tumbuhan sesuai dengan fase pertumbuhan dan perkembangannya.
43
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Maka dalam buku ini maspary juga mengulas faktor-faktor tersebut.

Berhubungan dengan Hama, Penyakit dan Gulma

44
Setiap jenis tumbuhan tidak bisa terlepas dari serangan hama, penyakit dan gulma. Ketiganya sangat potensial menghambat produksi tumbuhan bahkan bisa menimbulkan kegagalan usaha tani. Oleh lantaran itu dalam buku dibahas secara mendetail wacana pengelompokan hama, penyakit dan gulma.
45
Agar kita bisa mengendalikan serangan hama dan penyakit maka kita perlu mengetahui gejalanya. Oleh lantaran itu maspary telah membahas dalam buku ini bagaimana tehnik mengidentifikasi tanda-tanda serangan hama dan penyakit  tanaman sehingga kita bisa mengenali jenis hama atau penyakit yang akan kita kendalikan.
46
Dalam buku ini maspary membahas secara lengkap aneka macam macam tehnik pengendalian hama, penyakit dan gulma tumbuhan yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi setempat.
47
Membahas wacana kunci keberhasilan dalam mengendalikan hama, penyakit dan gulma tumbuhan yang tidak akan pernah anda temukan dalam buku manapun.

Berhubungan dengan Pestisida

48
Aplikasi pestisida yang sembarangan akan mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi tanaman, lingkungan dan bagi hama itu sendiri. Oleh lantaran itu kami ulas wacana tehnik aplikasi pestisida yang kondusif dan tidak menimbulkan kekebalan hama.
49
Layu tumbuhan merupakan penyakit yang sangat umum pada semua jenis tanaman. Penyakit ini tidak bisa diobati dengan materi kimia tetapi harus dicegah dengan agensia hayati. Dalam buku ini telah ditulis bagaimana tehnik menciptakan obat layu tumbuhan dengan cara yang gampang yang bisa dibentuk oleh petani sendiri.
50
Terkadang kita masih resah untuk mengkombinasi atau mencampur pestisida. Karena terkadang pencampuran yang tidak sempurna justru mengakibatkan pestisida saling melemahkan, bahkan bisa menjadikan racun bagi tanaman. Selain itu niscaya mengakibatkan pemborosan. Oleh lantaran itu maspary mencoba mengulas bagaimana tehnik mencampur atau menge-mix pestisida supaya pestisida yang dicampur saling menguatkan dan menghemat tenaga kerja.
51
Bagi para pecinta pestisida nabati (petani organik) kita telah memperlihatkan daftar 45 jenis tumbuhan dan kandungan materi racunnya yang bisa kita gunakan sebagai pestisida nabati
52
Jika terjadi serangan hama petani masih sering resah menentukan jenis pestisida kimia yang harus disemprotkan. Oleh lantaran itu maspary tuliskan daftar aneka macam macam hama tumbuhan dan nama-nama insektisida yang masih efektif untuk mengendalikannya. Ilmu ini tidak akan anda dapatkan dalam buku lain.
53
Seperti halnya hama tumbuhan kami juga memperlihatkan daftar aneka macam macam penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur dan nama-nama fungisida yang masih efektif untuk mengendalikannya. Ilmu ini hanya akan anda dapatkan dalam buku ini.
54
Dalam buku ini juga kami tuliskan daftar aneka macam macam bakterisida yang masih efektif untuk mengendalikan penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh bakteri.
55
Kesalahan penentuan jenis herbisida bisa membahayakan tumbuhan pokok. Oleh lantaran itu maspary juga mengulas wacana aneka macam jenis gulma tumbuhan dan nama-nama herbisida yang efektif  mengendalikannya.
56
Berdasarkan cara kerjanya pestisida dibagi beberapa golongan. Dalam buku ini maspary mengulas wacana penggolongan jenis-jenis insektisida, fungisida, bakterisida dan herbisida. Dengan ulasan tersebut diharapkan petani bisa menentukan dengan gampang pestisida apa yang akan digunakan.
57
Dalam buku ini maspary menuliskan cara menciptakan pestisida nabati sapu jagad, yaitu pestisida yang bisa mengendalikan jamur, basil dan hama sekaligus. Cara membuatnya sangat gampang dan bahannya juga gampang didapat. Pestisida ini sangat cantik untuk pencegahan dini aneka macam macam OPT.
58
Selain itu dalam buku ini maspary juga menuliskan cara menciptakan herbisida (racun rumput) ramah lingkungan.

Berhubungan dengan Panen, Pasca Panen dan Pemasaran

59
Ketepatan waktu panen sangat menentukan kualitas dan kuantitas hasil. Dalam buku ini diulas wacana tehnik menentukan waktu dan cara pemanenan hasil pertanian yang tepat
60
Setiap komoditas pertanian memerlukan tehnik penanganan yang sempurna supaya kualitas hasil panen terjaga dan bisa dipasarkan atau disimpan lebih lama. Oleh lantaran itu maspary juga membahas wacana aneka macam macam tehnik penanganan pasca panen pada aneka macam macam komoditas pertanian
61
Harga produksi pertanian sangat dikendalikan oleh pasar. Petani sendiri tidak bisa menentukan harga dagangannya. Maka disini kami ulas aneka macam tehnik memasarkan hasil panen supaya petani bisa memaksimalkan keuntungan.
62
Harga hasil panen (produksi pertanian) selalu berubah-ubah tidak menentu dan sulit ditebak. Petani sangat dirugikan dalam hal ini, lantaran dikala panen raya harga niscaya anjlok. Sedang dikala nggak punya panenan harga justru selangit. Dalam buku ini Maspary telah menuliskan aneka macam pengalaman cara memprediksi harga panen. Sehingga dengan cara tersebut kita bisa panen pada dikala harga tinggi.
63
Jika kita panen pada dikala harga murah sungguh sangat mengecewakan hati. Apalagi dikala produksi tidak maksimal semakin memperparah kerugian. Oleh lantaran itu maspary mencoba menyebarkan pengalaman wacana cara mengatasi harga murah tersebut, supaya kita bisa mendapatkan harga yang layak pada hasil panen kita.

Berhubungan dengan Produksi

64
Dalam buku ini maspary telah memaparkan wacana 8 kunci keberhasilan dalam usaha tani supaya kita terhindar dari kegagalan. Insya Alloh 8 kunci tersebut tidak akan anda dapatkan dalam buku lain.
65
Selain kecerdasan intelektual petani Indonesia juga memerlukan kecerdasan spiritual untuk menggapai keberhasilan. Paling tidak petani memerlukan 10 perilaku mental bila ingin benar-benar sukses. Maspary menyebutnya sebagai the spirit of farmers successful dan telah dipaparkan lengkap dalam buku ini.
66
Petani sangat memerlukan resep-resep yang sederhana dan aplikatif untuk mendukung usaha taninya. Oleh lantaran itu dalam buku ini telah dituliskan 23 resep mudah pendukung bertani anti gagal, sehingga anda bisa menyulap barang-barang murah (kadang tidak terpakai) disekitar rumah menjadi bermanfaat untuk usaha tani dan tentunya harus kondusif bagi lingkungan, tumbuhan dan manusia.
67
Untuk bisa mencapai keberhasilan bertani maka kita harus memahami filosofi dan konsep bertani anti gagal. Dalam buku ini telah dibahas wacana filosofi dan konsep tersebut, sehingga anda bisa memahami apa sebetulnya kunci kesuksesan dalam bertani.
68
Berdasarkan pengalaman maspary petani sering melaksanakan kebiasaan yang salah sehingga bisa mengakibatkan kegagalan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut telah maspary rangkum dan kami sajikan dalam bentuk tabel. Daftar kebiasaan petani yang salah dan tanggapan yang ditimbulkannya serta solusi untuk mengatasinya juga telah kami lampirkan dalam buku ini. Setelah membacanya, kami berharap anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan dalam bertani tersebut.
69
Biaya produksi usaha tani yang mahal sudah bukan belakang layar lagi. Insya Alloh sehabis membaca buku ini maka anda akan menemukan tehnik bertani ekonomis biaya dengan hasil panen yang berlimpah dan sehat bagi konsumen dan lingkungan.
70
Setelah membaca, memahami dan melaksanakan buku ini,  anda akan bisa bertani secara cerdas intelektual dan cerdas spiritual yang bisa menghasilkan hasil panen yang berlimpah, sehat dan berkesinambungan (terus menerus).

Sebenarnya bukan hanya itu saja, 
masih banyak informasi pertanian yang tidak bisa kami tampilkan dalam tabel tersebut lantaran takut terlalu panjang artikel ini



Semua ilmu yang sangat bermanfaat bagi petani tersebut telah dikemas menjadi satu buku yang disusun secara sistematis dan disampaikan dengan bahasa yang sederhana. Buku dengan judul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut terdiri dari 560 halaman (buku yang tidak mengecewakan tebal 3 cm dan cukup berat hampir 1 kg). Dengan ukuran buku yang cukup besar 19 cm x 28 cm. Buku ini memakai kertas jenis bookpaper (kertas impor), sehingga tidak mengakibatkan mata cepat lelah dikala membacanya. Buku tersebut sangat minim gambar (terlalu banyak gambar boros halaman).


Sehingga bisa diibaratkan buku tersebut isinya daging semua.







Cara Pemesanan
 
Bagi anda yang merasa membutuhkan “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut silahkan melaksanakan order (pesanan) ke maspary (0896 5131 3234).

Dengan fomat :


Order – BPBAG – Jumlah pesanan – di kirim ke : Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi

Contoh :

Order – BPBAG – 5 – Kec. Sokaraja Kab. Purbalingga Prov. Jawa Tengah

 
Jangan lupa SMS kan order (pesanan) terebut ke 0896 5131 3234
Setelah SMS anda tersebut masuk ke HP maspary segera akan kami SMS kan harga buku, ongkos kirimnya.




Spesial Bonus
Setelah membeli “BUKUPANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” ini dan membacanya maka anda berhak menerima Istimewa bonus yang akan kami kirim via email. Dapatkan 3 buah E-book spesial yang sangat penting untuk usaha tani anda secara gratis,  yaitu:
1.  
  1. Daftar 2.475 jenis pestisida, materi aktifnya serta kegunaannya (672 halaman). Sekarang ini jenis pestisida yang beredar di pasaran sangatlah banyak sehingga petani sering dibentuk bingung.  Dengan buku ini anda dengan gampang bisa menentukan secara sempurna pestisida (insektisida, fungisida, bakterisida dll) yang anda perlukan. Tinggal tekan Ctrl+F lalu ketik informasi yang akan anda cari  (jenis hama atau penyakit atau gulma atau nama pestisida atau bahan aktifnya saja). Kemudian tekan enter, maka yang anda cari eksklusif ketemu.
  2. Fungisida dan bakterisida alami oleh Panut Djojosumarto (30 halaman) 
  3. Insektisida dan akarisida alami  oleh Panut Djojosumarto (40 halaman)


Gambar : halaman terakhir Bonus e-book daftar 2.475 pestisida 
Lihat jumlah pestisida (lingkaran merah) dan jumlah halaman buku (kotak merah)







Terimaksih
Hasil penjualan buku ini sebagian akan kami sumbangkan kepada bawah umur yatim, bawah umur yang membutuhkan dukungan biaya,  orang-orang tidak bisa dan untuk acara amal ibadah lainnya yang insya Tuhan akan bermanfaat sebagai tabungan amal untuk bekal kita di akherat. Semoga Tuhan SWT mendapatkan amal ibadah kita semua.
Amiin...









Harga buku  belum ongkos kirim :



cetakan pertama
Rp.200.000  (sudah habis)





cetakan kedua
Rp.220.000 



(maaf harga sewaktu-waktu bisa naik lagi menyesuaikan biaya cetak)






Cara Pemesanan
 
Jika anda merasa membutuhkan ilmu yang ada dalam “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL”  tersebut silahkan melaksanakan order (pesanan) 

Dengan fomat :



Order – BPBAG – Jumlah pesanan – di kirim ke : Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi


Contoh :

Order – BPBAG – 5 – Kec. Sokaraja Kab. Purbalingga Prov. Jawa Tengah 

 
Jangan lupa SMS kan order (pesanan) terebut ke 0896 5131 3234
Setelah SMS anda tersebut masuk ke HP maspary segera akan kami SMS kan biaya yang harus ditransfer.

0 Response to "Buku Panduan Bertani Anti Gagal"