Latest News

10 Jurus Cara Membuahkan Jambu Air

Salam Tani !!  Beberapa kali postingan yang kemudian maspary di blog Gerbang Pertanian  ini telah memosting ihwal jambu air. Dan untuk kali ini maspary juga masih akan melanjutkan postingan yang kemudian dengan tema 10 jurus tehnik membungakan jambu air.  

Ada majemuk teori  dan cara untuk membungakan/ membuahkan jambu air baik dengan cara alami maupun dengan cara derma materi tambahan. Namun pada pada dasarnya tehnik membuahkan jambu air yakni untuk merubah fase vegetatif (pertumbuhan batang dan daun) menjadi fase generatif (pertumbuhan bunga dan buah). Sebenarnya 10 cara membuahkan jambu air ini dapat juga kita terapkan pada tumbuhan yang lainnya, namun biasanya suatu jenis tumbuhan memililiki kecocokan cara tersendiri. 

JAMBU AIR BERBUAH LEBAT

  1. Jurus  kesatu. Penggunaan adonan air kelapa, rebusan kentang, olahan ikan dan difermentasi dengan EM4. Dengan cara ini tumbuhan akan menjadi subur dan bunga juga akan muncul bunga.
  2. Jurus kedua. Pemberian minyak ikan utk memacu hormon auksin dan gibberelin yg hasilnya memacu timbul bunga dan buah. Telah kita ketahui bersama bahwa hormon auksin dan giberelin dapat memacu pembungaan tanaman.
  3. Jurus ketiga. Dengan cara perlakuan stress air atau tdk disiram  hingga daun layu. Setelah tumbuhan mengatakan tanda-tanda layu gres disiram dan dipupuk dgn pupuk NPK yg kandungan P dan K tinggi. Ini yakni jurus dasar dan perlakuan paling umum untuk semua tanaman. Namun cara ini paling cocok  untuk tumbuhan jambu air di dalam pot (tabulapot).
  4. Jurus keempat. Pemasangan ring pada cabang yg ingin dibuahkan. Tujuannya sama. Memutus pemikiran air ke daun, sehingga menstimulasi seakan akan kemarau datang sehingga jambu air mau berbunga.
  5. Jurus  kelima. Dengan cara pemangkasan akar serabut. Pohon dicabut dan bola akar terluar dipangkas, kemudian ganti media tanam dan dipupuk pupuk buah. Namun cara ini khusus untuk tumbuhan yang berada dalam pot, kalau untuk tumbuhan di tanah sebaiknya jangan dilakukan alasannya yakni dapat menjadikan tumbuhan mati. 
  6. Jurus keenam. Dengan pemberian  ZPT (Zat Pengantar Tumbuh) buatan kombinasi auksin dan GA3 dgn konsentrasi tertentu. 
  7. Jurus ketujuh. Dengan cara media tanam diganti coco peat, sekam bakar, pupuk sangkar (bisa juga diganti dengan bokashi) dan tanah liat. Cara ini khusus untuk jambu air dalam tabulapot juga. Menurut org Mekarsari ini media plg cocok utk tanam jambu air.
  8. Jurus kedelapan. Dengan memakai lengkeng booster yg terdiri 2 macam pupuk. Satu utk merontokkan seluruh daun dan sesudah rontok pupuk kedua berfungsi memunculkan pucuk gres dan bunga. Menggunakan lengkeng boster atau jenis lainnya juga harus hati-hati alasannya yakni juga dapat menghentikan pertumbuhan tumbuhan atau bahkan dapat mematikan tanaman.
  9. Jurus kesembilan. Penggunaan hormon penghambat jenis Packlobutrazol yang paling ampuh utk membuahkan mangga dan durian di luar demam isu atau mangga yg mogok tahunan tdk berbuah. Namun harus sangat hati-hati dalam memakai hormon ini alasannya yakni dapat mematikan tumbuhan kalau terlalu banyak.
  10. Jurus kesepuluh. Dicacah batangnya (batangnya dilukai memakai pisau, golok atau bendo hingga kena kambiumnya). Hal ini bertujuan untuk memutus jalur air ke daun (namun maaf cara ini kurang benar alasannya yakni dapat menjadikan nanah pada batang sehingga tidak dilakukan atau sebagai jurus terakhir saja).
Dalam prakteknya, untuk membungakan dan membuahkan jambu air tersebut dapat dilakukan secara kombinasi jadi tidak hanya dilakukan secara tunggal. Sebagai pola yakni kombinasi antara stress  air dan derma minyak ikan dan pupuk K dan P tinggi.  Contoh yang kedua yakni dengan derma paclobutrasol dan pupuk K dan P tinggi. Kaprikornus silahkan berkreasi dan tentukan kira-kira yang termudah dan teraman yang mana untuk kita lakukan pada tumbuhan jambu air kita.
 
Harapan maspary, supaya artikel sederhana yang berjudul 10 jurus cara membuahkan jambu air ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan Gerbang Pertanian yang membaca artikel ini. Dan tentunya juga dapat bermanfaat bagi maspary juga baik di dunia maupun diakherat.



Sukses Petani Indonesia !!
        

              Maspary

0 Response to "10 Jurus Cara Membuahkan Jambu Air"